Blogger news

Pages

Sabtu, 01 November 2014

Ini ambisi Dirut Pelindo II RJ Lino dukung proyek maritim Jokowi



Merdeka.com - PT Pelindo II berencana menuntaskan 3 proyek pembangunan pelabuhan yaitu pelabuhan di Sorong, Papua Barat, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Barat. Pembangunan proyek tersebut, akan mulai dilakukan pada triwulan III-2015 dan akan selesai dalam 2,5 tahun.

Direktur Utama Pelindo II RJ Lino mengklaim, pembangunan proyek tersebut, untuk mendukung sektor kemaritiman. Pihaknya, sudah melakukan MoU pinjaman sebesar USD 1 miliar dari 7 bank asing. Selain itu, bakal menerbitkan obligasi sebesar USD 1 miliar. "Semuanya dimulai triwulan tiga tahun depan," ujarnya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (31/10).

Dia menjelaskan, untuk pembangunan pelabuhan di Sorong, Papua Barat nilai investasinya mencapai Rp 2 triliun dengan estimasi kapasitas daya tampung mencapai 500-600 TEUs per tahun. Kendala soal pembebasan lahan hutan sudah dibereskan.

Sementara untuk pelabuhan baru Kijing di Kalimantan Barat, nilai investasinya mencapai Rp 3 triliun. Sedangkan untuk Pelabuhan Tanjung Api-api di Sumatera Selatan, perseroan belum bisa diproyeksikan besaran investasinya.
Perseroan mencanangkan dana belanja modal sebesar Rp 6 triliun. Capex tersebut berasal dari kombinasi dan pinjaman. Perseroan menargetkan kenaikan laba di tahun depan mencapai Rp 2,5 triliun. Tahun ini, laba perseroan ditargetkan mencapai Rp 2 triliun.

Dia menegaskan, pihaknya optimis bisa meningkatkan volume arus peti kemas sebesar 10 persen dari volume saat ini yang mencapai 7 juta TEUs. Aset perseroan bisa meningkat, hingga Rp 40 triliun tahun depan. Saat baru menjabat sebagai Dirut Pelindo II, aset perseroan baru mencapai Rp 6,5 triliun.

"Volume bisa lebih baik, tarif-tarif CPO yang tadinya enggak jelas diperbaiki semua. Volume diharapkan bisa naik 8-10 persen tahun depan. Saat ini 7 juta TEUs," ungkapnya.

SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar