Blogger news

Pages

Jumat, 24 April 2015

Pelindo IV Siapkan Tiga Pelabuhan Untuk Tol Laut


Bisnis.com, MAKASSAR—PT Pelindo IV menyiapkan tiga pelabuhan kelolaan perseroan untuk menjadi simpul utama program Tol Laut dalam memangkas ongkos logistik di wilayah timur Indonesia.
Direktur Utama Pelindo IV Mulyono menuturkan perencanaan besar yang telah disusun meliputi pengembangan kapasitas terpasang pelabuhan dalam tiga tahun kedepan dengan berorientasi pada infrastruktur Tol Laut.

Adapun tiga pelabuhan yang digadang-gadang perseroan menjadi simpul utama konektivitas berbasis Tol Laut adalah Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Bitung serta Pelabuhan Sorong.
"Pengembangan kapasitas pelayanan petikemas menjadi prioritas, seluruhnya memang eksisting yang akan kami tingkatkan produktivitas dan efesiensi pelayanan bongkar muatnya," katanya saat ditemui Bisnis, Selasa (21/4/2015).

Mulyono menjelaskan, pengembangan ketiga pelabuhan tersebut meliputi pengadaan alat bongkar muat seperti container crane dan RTG  serta perluasan lapangan petikemas sehingga mampu mendukung peningkatan kapasitas terpasang.

Adapun sumber pendanaan untuk seluruh perencanaan tersebut bersumber dari kas internal perseroan, di mana bakal dialokasikan untuk pengembangan infrastruktur maupun supatruktur 3 pelabuhan utama tersebut.
Secara umum, Pelindo IV telah menyiapkan belanja modal untuk pengembangan seluruh pelabuhan kelolaan sebesar Rp1,4 triliun yang juga dialokasikan untuk pembenahan maupun pengembangan pelabuhan.
Menurut Mulyono, sebagian besar dana tersebut bakal terserap untuk pengadaan alat bongkar muat, pembelian kapal tunda, perluasan lapangan petikemas, penambahan dermaga serta pembenahan sejumlah terminal penumpang.

"Tahun ini kita orientasinya ke pelayanan petikemas dan barang untuk mendukung program Tol Laut, tetapi kita juga mengembangkan segmen lain secara simultan diantaranya revitalisasi terminal penumpang di beberapa pelabuhan," katanya.

Adapun alokasi belanja modal perseroan yang direncanakan pada tahun ini meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan dengan realisasi investasi sepanjang tahun lalu yang mencapai Rp700 miliar.
Sepanjang 2014, perseroan mencatatkan pendapatan operasional seluruh segmen mencapai Rp2,06 triliun atau meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp1,69 triliun.

Segmen pelayanan petikemas memberikan kontribusi terbesar mencapai sekitar 40% terhadap total pendapatan perseroan. Selain itu, pendapatan Pelindo IV juga bersumber dari lini pelayanan jasa kapal, usaha terminal, pelabuhan atau dermaga serta sejumlah segmen usaha lainnya.
"Untuk tahun ini kami menargetkan kinerja bisa tumbuh dua digit seiring dengan sejumlah investasi yang dilakukan sepanjang 2015 ini," papar Mulyono.

Direktur Keuangan Pelindo IV Budi Revianto menambahkan, total estimasi dana yang bakal digelontorkan perseroan untuk pengembangan pelabuhan kelolaan hingga 2018 mendatang mencapai lebih dari Rp3 triliun.
Menurutnya, sumber dana tersebut dari kas internal, pinjaman perbankan serta pemanfaatan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) yang dikucurkan pemerintah pusat kepada perseroan dari APBN-P 2015.

Adapun dana tersebut selanjutnya bakal digunakan untuk pengembangan 3 pelabuhan yang disiapkan menjadi simpul Tol Laut maupun pelabuan feeder yang dikelola perseroan di wilayah timur Indonesia.SUMBER

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus