Blogger news

Pages

Jumat, 24 April 2015

Sorong, Papua jadi daerah awal proyek tol laut Jokowi



Merdeka.com - Presiden terpilih Joko Widodo ( Jokowi) merencanakan pembangunan tol laut yang akan dimulai dari sisi timur Indonesia. Sorong, Papua yang bakal menjadi daerah pertama yang akan dibangun pelabuhan dengan fasilitas deep sea port.

"Ya di sana nanti pelabuhan dalam, deep sea port. Standardnya seingat saya kedalaman lebih 12 meter. Sehingga kapal-kapal besar. Mother vessel-nya bisa masuk ke pelabuhan itu," jelas Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (26/9).

Dia mengungkapkan, keuntungan membangun pelabuhan di Sorong adalah kemudahan untuk akses pengiriman barang. Terutama dari pulau pintu gerbang menuju kepulauan Papua ini langsung berhubungan dengan lautan lepas, sehingga jalur pengiriman barang antar negara semakin mudah.

"Sehingga secara hitung-hitungan di situlah yang paling feasible. Secara hitung-hitungan secara global maupun secara agar kapal itu tidak masuk ke lautan kita," terang mantan wali kota Solo ini.

Mengenai dana pembangunan tol laut ini, Jokowi tidak akan menganggarkan dana terlebih dahulu dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sebab pembangunannya akan diserahkan pertama kali kepada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

"Oh ndak, itu nanti urusan Pelindo, sudah nggak usah pakai APBN bisa," tutupnya.
[ded]  SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar