Blogger news

Pages

Sabtu, 25 April 2015

Tol Laut di Makassar Beroperasi Awal 2016, Dananya Rp 1,5 T


Makassar, Tribun - Jalur tol laut wilayah PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV dipastikan beroperasi efektif maksimal pada triwulan 1 tahun 2016. Jalur ini meliputi Makassar-Kendari-Bitung-Sorong-Jayapura.
PT Pelindo IV menggelontorkan dana Rp 1,5 triliun dari anggaran internal untuk proyek yang dicanangkan presiden tersebut. Dana itu digunakan untuk merevitalisasi semua pelabuhan besar di wilayah Timur seperti Makassar New Port (MNP), Kendari New Port, Pelabuhan Bitung, Pelabuhan Sorong, dan Jayapura.
Anggaran tahun 2014 ini akan dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan alat, perluasa dermaga, pengerukan dermaga, hingga perluasa lapangan kontainer.

Dikutip tadi Tribunnews, Senin (30/3/2015), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte sepakat menjalin kerjasama bidang ekonimo, perdagangan, infrastruktur, maritim, ketahanan pangan, serta konektivitas. Total potensi investasi yang ditawarkan Pemerintah Belanda mencapai 15 miliar Dolar Amerika.

Salah satu sektor yang disodorkan yakni pembangunan pelabuhan di Indonesia.
Kerja sama itu ditawarkan Jokowi ke Pemerintah Belanda saat pertemuan Boao Forum, di Sanya Hainan, Tiongkok, beberapa waktu lalu.

Direktur Keungan PT Pelindo IV Budi Revianto menjelaskan dari total enam rute nasional, Pelindo IV kebagian tiga rute yakni pelabuhan Makassar-Bitung-dan Sorong.
Pelindo secara teknis sudah menyelesaikan proyek tersebut hinggga 40 persen. "Pihak kami dalam masa pemenuhan standar kedalaman dermaga dan kelengkapan alat," kata Budi. SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar